FIELD DAY 2020-SKEMA HIBAH ALUMNI AUSTRALIA

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Fakfak menjadi tuan rumah dalam kegiatan Field Day 2020 yang berlangsung pada Kamis, 6 Februari 2020 di Ranch Klaster Distrik Tomage Kabupaten Fakfak. Field Day merupakan puncak dari proyek Skema Hibah Alumni Australia (Alumni Grant Scheme-AGS) “Boosting Cattle Industry in Fakfak West Papua” yang diketuai oleh Acep Usman Abdullah, alumni Australia dengan gelar magister ilmu peternakan dari The University of Queensland pada tahun 2018 dan saat ini menjadi staf khusus di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Fakfak. Proyek AGS ini didanai oleh Pemerintah Australia melalui Skema Hibah Alumni Australia dan diadministrasikan oleh Australia Awards di Indonesia. Proyek ini juga mendapat dukungan dana dari Pemerintah Kabupaten Fakfak, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dengan skema sharing budget. Dalam perjalanannya, proyek AGS ini diperkuat melalui keikutsertaan Acep di beasiswa studi singkat Australia Awards (Short Term Award) dengan tema “Agriculture Policy – Promoting Competitiveness”.

Lahan demplot Indigofera zollingeriana, Ranch Klaster Distrik Tomage

Proyek AGS diawali dengan pembangunan 5,5 Ha demonstration plot (demplot) hijauan pakan ternak legum Indigofera zollingeriana di areal padang pengembalaan Ranch Klaster, Distrik Tomage yang dimulai pada Mei 2019. Menurut Acep, penanaman legum di padang pengembalaan merupakan solusi terhadap penurunan kualitas dan produktivitas padang pengembalaan di Kabupaten Fakfak. Hal ini bisa dicapai dengan dua cara yaitu penyediaan pakan sumber protein bagi ternak dan memperbaiki kesuburan tanah. Acep semakin yakin dengan idenya ini setelah dirinya selesai belajar di Australia dan mendapatkan kesempatan langsung melihat teknik penanaman legum di padang pengembalaan di daerah Lockyer Valley, Queensland.

Tamu undangan dan peserta Field Day 2020 sedang mengikuti seminar

 

Peserta Field Day 2020 sedang mengunjungi demplot Indigofera zollingeriana di Ranch Klaster

Lebih dari 120 peserta hadir pada acara Field Day ini yang terdiri atas petani peternak laki-laki dan perempuan, penyuluh, organisasi mitra, dan unsur pemerintah daerah Kabupaten Fakfak. Antusiasme peserta ditunjukkan dengan adanya para petani peternak dan penyuluh yang hadir tidak hanya dari daerah sekitar Distrik Tomage dan Bomberay, tetapi juga dari Distrik Karas, Kramomongga, dan Fakfak Barat. Karena alasan jarak yang jauh ke lokasi Field Day, peserta dari ketiga distrik jauh tersebut menginap di Ranch Klaster sehari sebelum kegiatan Field Day. Mitra proyek AGS lainnya yang hadir yaitu manajemen perusahaan PT Rimbun Sawit Papua dan SMKN 2 Fakfak, dan Tangguh Indigenous Entreprise Development Program.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Fakfak, Muhammad Soleh, S.Hut., M.Si menilai bahwa Acara field day ini inovatif dan edukatif karena acara ini memberi pengetahuan baru tentang tanaman pakan ternak berkualitas Indigofera zollingeriana dengan cara yang efektif yaitu petani peternak bisa melihat langsung di lapangan setelah menerima teori di seminar. Acara ini menunjukkan sebuah contoh pendekatan untuk memperkuat Ranch Klaster sebagai pusat edukasi dan model sehingga kegiatan seperti ini perlu dipertahankan oleh kami, menurutnya. Salah satu peserta seminar dari Distrik Karas, Andreas Kabes, menunjukkan antusiasmenya untuk menanam Indigofera zollingeriana di Distrik Karas saat diwawancarai.

Untuk mempersiapkan Field Day 2021 yang lebih baik, harapan dan rekomendasi yang diberikan oleh peserta dan pemangku kepentingan yaitu 1) Field Day 2021 yang lebih inklusif dengan cara meningkatkan jumlah petani perempuan dan orang asli papua, dan 2) perkuat pada bagian segmen acara praktik lapangan.

———
Informasi lebih lanjut tentang program ini:
Video Perjalanan Proyek AGS lengkap
Penjelasan Proyek AGS (in english)   

atau dapat menghubungi

Acep Usman Abdullah
Ketua Tim Proyek AGS “Boosting Cattle Industry in Fakfak West Papua”
acep.usman@gmail.com    

Facebook
Twitter
LinkedIn

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *