Lomba Cipta Menu Pangan Lokal

Pangan adalah suatu kebutuhan dasar bagi manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat. Ketersediaan pangan yang cukup belum tentu dapat menjamin terhindarnya penduduk dari masalah pangan dan gizi. Selain ketersediaan pangan juga perlu diperhatikan aspek pola konsumsi rumah tangga atau keseimbangan konstribusi jenis pangan yang dikonsumsi, sehingga dapat memenuhi standar gizi yang dianjurkan.

Lomba cipta menu pangan lokal menyajikan berbagai makanan khas nusantara, lomba ini mendorong masyarakat khususnya kelompok wanita untuk menciptakan aneka ragam produk makanan yang memiliki nilai gizi, pola kebutuhan nutrisi seimbang dan  aman untuk konsumsi.

Kegiatan yang dilaksanakan oleh bidang konsumsi dan  keamanan pangan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Fakfak ini mengangkat olahan dari produk pangan lokal yang mampu disajikan dengan menu yang beragam, bergizi.

Sasaran kegiatan adalah kelompok masyarakat percepatan penganekaragaman konsumsi pangan (P2KP), PKK dan Aparatur Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Fakfak.

Kegiatan ini diharapkan masyarakat khususnya peserta dapat berkreasi menciptakan dan mengembangkan resep yang beragam, bergizi, seimbang dan aman dengan mamanfaatkan dan mengoptimalkan pangan lokal yang ada disekitar kita hingga dapat diterapkan sebagai menu keluarga sehari-hari yang sesuai norma gizi dan kesehatan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia. (ad.ir)

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *